cofista
Cara mudah menjaga kesehatan pria.

Pria selalu ingin terjaga kesehatannya. Sebab sebagai tulang punggung keluarga pria harus bekerja mencari nafkah dan membahagiakan keluarga.

Pria juga harus selalu menjaga tubuhnya agar tidak mudah lelah dan tidak rentan sakit. Karena bila sudah sakit maka dia tidak akan dapat bekerja dengan baik (apalagi untuk berhubungan suami-istri lebih lama).

Medical Check-up, Pola Makan, dan Olahraga

medical-checkup

Selain secara rutin melakukan medical check-up (untuk usia di bawah 40 tahun bisa setiap 2 atau 3 tahun sekali, sedangkan untuk usia di atas 4 tahun bisa 1x dalam 1 – 2 tahun).

Medical check-up pria

Selain itu, hal terpenting untuk menjaga kesehatan pria adalah pria juga harus menjaga pola makannya. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak lemak dan gorengan terutama soft drink.

Pria juga dapat rajin berolah raga agar tetap bugar serta mengkonsumsi suplemen bila perlu seperti suplemen untuk tulang dan lain-lain.

Menjaga Kesehatan dengan Produk Herbal

Bila ingin mengkonsumsi produk herbal untuk menjaga kesehatan, pria juga dapat memilih produk yang mengandung jahe, ginseng, pasak bumi, madu, dan lain-lain. Dengan dosis yang tepat sesuai kebutuhan, suplemen herbal dapat berfungsi menjaga kesehatan pria dewasa, menambah vitalitas dan stamina.

Produk herbal

Nutrisi yang dibutuhkan oleh pria berbeda dengan perempuan. Pria yang aktif membutuhkan nutrisi pokok seperti kalori, lemak, protein dan lain-lain. Nutrisi tersebut didapat dari buah, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan air yang cukup.

Pria membutuhkan banyak protein untuk memperbaiki kondisi otot yang rusak atau mengalami gangguan pada saat menjalankan aktifitas atau berolah raga cukup berat.

Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Pria

Jenis makanan apa sajakah yang harus dikonsumsi pria agar tubuhnya selalu segar, sehat dan bugar ?

1. Sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan untuk diet atau pengaturan makanan agar otot tubuh terbentuk dengan baik.

2. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak mengandung vitamin, karbohidrat, dan protein. Nutrisi yang tersedia diantaranya adalah vitamin D, kalsium, dan potasium. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap laktosa dapat menggantinya dengan yoghurt atau susu kedelai. Susu rendah lemak juga mengandung lemak yang relatif lebih sedikit sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet atau mengatur pola makan sehat.

3. Daging

Daging merupakan sumber protein tinggi yang mengandung zat besi yang berfungsi membentuk hemoglobin dalam sel darah merah sebagai alat transportasi oksigen ke sel-sel tubuh. Daging juga mengandung asam amino leusin yang dapat memicu pertumbuhan otot.

Bila Anda ingin sehat hindari daging ayam dengan kulit yang mengandung lemak tinggi.

4. Telur

Telur mengandung semua asam amino esensial dan mengandung lutein yang baik untuk kesehatan mata.

5. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein nabati, vitamin, karbohidrat, serat, dan anti oksidan.

Demikian beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi pria yang ingin memiliki tubuh sehat dan stamina yang kuat. Dengan pengaturan pola makan yang seimbang, tentunya manfaat dari bahan-bahan makanan tersebut dapat kita peroleh dengan maksimal.

Piramida Makanan atau Food Plate

Salah satu cara untuk mengetahui apakah menu makanan yang dikonsumsi pria telah seimbang adalah dengan mengetahui piramida makanan (cara lama) atau food plate (cara baru).

Food plate vs food pyramid

Dulu, kita mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna, makanan yang harus kita makan harus memiliki nutrisi seimbang, karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral seimbang.

Dari food plate di atas, kita mengetahui bahwa porsi sayuran (vegetables) dan buah-buahan (fruits) lebih banyak daripada bahan lain, seperti karbohidrat (misal gandung atau grains) dan protein. Sebabnya adalah sayuran dan buah-buahan selain mengandung vitamin dan mineral juga memberikan rasa kenyang lebih lama sebab mengandung banyak serat sehingga cukup sehat sebagai menu diet.

Bagian terbanyak berikutnya adalah karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi. Setelah itu daging, snack seperti cake manis dan terakhir susu.

Dengan pengaturan yang tepat tubuh pria diharapkan menjadi sehat dan fit sepanjang hari.

Tips menjaga kesehatan pria.